DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » REPDEM KOTA DEPOK MENDUKUNG KOTA DEPOK MERAIH PIALA ADIPURA 2017

PERS RELEASE
REPDEM KOTA DEPOK
MENDUKUNG KOTA DEPOK MERAIH PIALA ADIPURA 2017

Salam kesetiakawanan dalam perjuangan, MERDEKA….
Diketahui, selama 16 tahun Kota Depok belum pernah meraih piala Adipura. Namun, sebelumnya tahun 2013 hanya mendapatkan sertifikat atau piagam Adipura. Pada kesempatan inilah kami REPDEM Kota Depok menyatakan sikapnya untuk mendukung Kota Depok untuk meraih Piala ADIPURA 2017 mendatang.
Adapun bentuk dukungan kami adalah mengajak seluruh masyarakat kota Depok menjadi pilar utama untuk meraih Piala ADIPURA 2017. Selain mengajak seluruh masyarakat kota Depok menjadi pilar utama REPDEM Kota Depok akan mengawasi dan mengkrisisi Pemerintahan Daerah/Kota dalam mewujudkan kota yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance) dan Tata Kelola Lingkungan yang baik (Good Environment Governance).
Beberapa tujuan di balik penghargaan Adipura antara lain, untuk menurunkan tingkat polusi dari limbah domestik,  merealisasikan kesehatan lingkungan, dan merealisasikan budaya bersih lingkungan.
Program Adipura akan terlaksana dengan baik jika ditunjang dengan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah/Kota dalam pengelolaan lingkungan. Kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah/Kota, masyarakat dan dinas/instansi terkait sangatlah perlu dibina dan dijalin secara terus menerus dan berkesinambungan. Agar lingkungan menjadi baik perlu dukungan dan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam mencapai lingkungan yang bersih dan teduh. Peran serta masyarakat sangatlah penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebenarnya program Adipura ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah/Kota dan Dinas/Instansi terkait saja melainkan juga tanggung jawab kita bersama seluruh elemen masyarakat di Kota Depok yang tercinta ini.
Program Adipura dibagi menjadi lima katagori, yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bakti dan Adipura Parpurna.
1.  Adipura Buana :
     Diberikan kepada pemerintah daerah yang menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang  tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.

2.  Adipura Kirana :
     Penilaiannya dititikberatkan pada kota yang mampu  mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investmen yang berbasis pengelolaan  lingkungan hidup.

3. Adipura Karya :
    Menggabungkan aspek sosial dan ekonomi untuk membentuk produktif city ct. penciptaan lapangan  kerja, pendidikan kesehatan, transportasi masal   ramah lingkungan dan jaringan kerjasama antar daerah.

4. Adipura Bhakti :
    Menganugerahkan Walikota/Bupati terbaik yang Progresif, Kolaboratif dan Kreatif.

5. Adipura Paripurna :
    Merupakan penghargaan bagi kota/kabupaten  dengan capaian minimal dua kategori dari beberapa kategori.

Salah satu upaya tercapainya program Adipura ini adalah dengan menumbuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat Kota Depok baik di tingkat pemerintahan Daerah/Kota hingga ke tingkat RW maupun tingkat RT perlu diadakan pembinaan dengan metode sosialisasi. Metode ini dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya pembinaan langsung ke tingkat RW maupun tingkat RT di setiap kelurahan, penetapan RW dan RT Ramah Lingkungan, menyebarkan informasi dan himbauan yang bertema lingkungan. Untuk menuju lingkungan yang baik agar program Adipura tercapai maka pengelolaannya pun harus sesuai dengan standar kondisi lingkungan yang ideal. Idealnya kondisi lingkungan yang baik ditunjukkan dengan upaya pembersihan saluran drainase, membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar, tidak membuang sampah sembarangan di jalan, sungai dan jembatan, memilah sampah organik dan an-organik, penanaman pohon dan pot bunga  untuk penghijauan, serta usaha-usaha lain yang bersifat positif dan baik tersebut perlu dijaga dan ditingkatkan lagi secara kontinu sehingga masyarakat menjadi aman dan nyaman dengan lingkungan sekitarnya.
Banyak orang yang bilang Adipura merupakan Kebijakan Politis Pemerintah Daerah/Kota, hal ini memang benar dan tidak dapat dipungkiri mengingat Walikota dan Wakil Walikota merupakan pejabat politis, dan kebijakan atau keputusan yang dikeluarkan oleh Pemerintah bukanlah untuk kepentingan politik semata melainkan juga untuk kepentingan masyarakat bersama dalam hal ini berkaitan dengan hak setiap masyarakat  untuk merasakan hidup aman dan nyaman dengan lingkungan yang teduh dan sehat.
Segala upaya untuk penciptaan lingkungan yang bersih dan teduh dalam pencapaian program Adipura tidak akan terlaksana dengan baik dan optimal jika tidak didukung dengan pendanaan yang memadai. Kegiatan Adipura ini membutuhkan dana yang sangat besar untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan tata kelola lingkungan yang baik,  termasuk diperlukan anggaran yang cukup banyak diantaranya menyiapkan sarana dan prasarana penunjang fasilitas kebersihan, mengingat alat-alat kebersihan yang dimiliki masih sangat terbatas dan beberapa diantaranya dalam kondisi yang rusak dan tidak layak pakai lagi, program pembinaan dan sosialisasi masyarakat secara berkelanjutan,  peningkatan intensitas kebersihan dengan menggerakan seluruh petugas kebersihan secara cepat dan tepat sasaran dengan memberikan reward dan kenaikan gaji petugas kebersihan agar lebih giat dan semangat dalam bekerja, biaya operasional pengelolaan dan kebersihan sampah untuk membersihkan drainase di sepanjang jalan, penanaman pohon dan penambahan bunga dalam pot di sepanjang jalan utama agar terlihat rindang dan hijau, menyediakan kotak-kotak sampah di setiap pertokoan, jalan dan sekolah-sekolah, upaya penerapan 3R (Recycle, Reduce dan Reuse), biaya pemasangan dan penyebaran informasi melalui media cetak dan elektronik serta biaya-biaya operasional teknis lainnya.
Sehubungan dengan hal tersebut, dukungan dari Pemerintah Daerah/Kota dan DPRD sangatlah penting dalam hal penetapan anggaran. Dan diharapkan DPRD bisa menjembatani dan mengatasi masalah keterbatasan dana yang selama ini menjadi hambatan dalam pelaksanaan program Adipura. untuk dapat menganggarkan dana yang dibutuhkan untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pengelolaan lingkungan tidak hanya untuk pelaksanaan program Adipura saja.
Diharapkan kedepannya kegiatan pengelolaan lingkungan yang ideal ini tidak hanya dilakukan pada saat menghadapi penilaian Adipura saja melainkan juga menjadi program pemerintah Daerah/Kota secara terus menerus secara konsisten dan kontinu menciptakan lingkungan yang besih dan teduh sesuai dengan tema lingkungan yang sedang digalakkan yaitu ”DEPOK BERSIH and HIJAU”.

Mengetahui,


Zakarias Sadhu Pramana Hendrie Willy Arja Beslar
WAKABID ORGANISASI REPDEM KOTA DEPOK KETUA REPDEM KOTA DEPOK


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Ppwi Kota Depok

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

video

Cat-5

Cat-6