Select Menu

Slider

Daerah

Hukum

Legislatif

Derap

TNI Mandiri Manunggal Desa

Peristiwa

Videos

» » » » Provinsi Sulawesi Timur Resmi Terbentuk, Luwuk Banggai Jadi Ibu Kota
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

KOPI PANTER | Luwuk , Setelah lima provinsi telah terbentuk di daratan Sulawesi, kini terbentuk propinsi baru yakni Provinsi Sulawesi Timur (Sultim). DPRD Sulawesi Tengah sepakat melepas enam kabupaten untuk bergabung dengan Provinsi Sulawesi Timur.

Dalam rapat paripurna DPRD Sulteng, Rabu malam lalu (31/8/2016), Para legislator Sulteng secara resmi menyepakati enam kabupaten tersebut adalah Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Unauna, Morowali, dan Morowali Utara. Sementara, Kabupaten Poso tetap berada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Sebagaimana dikutip dari Harian Luwuk Post, rapat paripubna DPRD Sulteng yang dipimpin Ketua DPRD Aminuddin Ponulele itu sekaligus menetapkan Luwuk Banggai sebagai calon ibu kota provinsi.

Selain itu, terdapat juga kabar menarik bahwa DPRD Sulteng juga menyepakati dana hibah Rp. 20 miliar untuk pemilihan gubernur. Pemerintah Sulteng juga direkomendasikan memberikan biaya penyelenggaraan pemerintahan Rp. 10 miliar selama dua tahun berturut-turut.

Sebagaimana diketahui bahwa usaha untuk mendirikan Provinsi Sultim telah bergulir sejak hampir sepuluh tahun lalu. Hampir setiap ada kesempatan untuk mengajukan usulan pemekaran daerah, para pengusung ide pembentukan Provinsi Sultim berupaya mengajukan ke DPR-RI agar wilayah di bagian Timur Provinsi Sulawesi Tengah itu dimekarkan menjadi daerah provinsi baru.

“Kami sudah lama sekali mendambakan terbentuknya Provinsi Sulawesi Timur ini. Kita bersyukur sudah ada kemajuan dari usaha membentuk provinsi baru di wilayah kami, semoga Provinsi Sultim bisa segera terwujud,” ujar Ungga, warga Morowali Utara menanggapi keputusan DPRD Sulteng itu.

About Ppwi Kota Depok

KAMI Pewarta Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks Tanpa data yang aKurat dan Opini yang tidak Membangun .
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments