DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » » POLANTAS Labuhan Batu Tertangkap Kamera Meminta Uang Dari Pengendara Jalan Lintas Dengan Modus Tilang

Terlihat Oknum Kepolisian Polantas merogoh kantong
Pengendara berbaju Putih
LABUHANBATU- Seorang oknum anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Labuhanbatu sampai merogoh kantong pengendara saat melakukan perbuatan yang diduga pungutan liar (pungli). Aksi tersebut terekam dalam video amatir seorang pengandara ketika terjaring razia di jalur lintas Sumatera yang masuk wilayah hukum Polres Labuhanbatu. Dalam video tersebut terlihat seorang oknum polisi berseragam lengkap dengan tulisan Patwal di lengannya sedang ‘meminta’ uang sambil melakukan tawar-menawar dengan pengendara.

Video ini awalnya diposting oleh banyak  netizen di media sosial, dengan Mengenakan kacamata hitam, oknum polisi itu bertanya, “berapa kira-kira yang bisa pak?, coba sini. Tapi jangan diulangi lagi ya,” katanya sambil memeriksa kantong seorang yang terjaring razia. Mereka berdua berdiri di belakang kendaraan bak terbuka yang sepertinya mobil patroli kepolisian. Tidak sanggup memberikan uang yang diminta pria itu hanya bisa mengeluarkan uang recehan dari kantongnya. “Cuma segini pak,” katanya.

Uang itu ternyata dinilai kurang, pria itu pun mengeluarkan dompet dalam kantongnya yang ternyata isinya kosong. “Betul pak sudah gak ada lagi,” katanya. Oknum polisi itu pun kemudian menerima juga uang pecahan yang tampak sudah berada dalam genggamannya. “Ya udah jangan diulangi lagi ya,” katanya sambil mengembalikan dokumen yang terlihat seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK). Pria yang mengenakan setelan kaos warna putih itu pun kemudian berlalu setelah menyelesaikan urusannya dengan oknum polisi tersebut. Sementara seorang pria lainnya yang tampaknya merekam video ini juga melakukan tawar menawar kepada polisi itu. “cemana?” tanya polisi itu.

“Cuma segitu aja yang ada pak, lima puluh (Rp 50 ribu),” jawab seorang pria.
“Gak dapat itu. Saya tilang nanti kamu, kalau kek gitu kau. Mana dapat segitu, terus terang saya bilang. Sudah lah delapan puluh (Rp 80 ribu),” kata polisi dengan logatnya yang khas.

Namun pria yang merekam itu kemudian sempat berdebat sengit dengan polisi itu soal kocek yang harus dibayar agar dia lolos dari razia. Polisi itu sempat mengembalikan uang yang sudah diminta, “gak usah pun jadi, ah,” katanya sambil meminta kunci sepedamotor pengendara itu.
Namun beberapa saat kemudian uang itu diambilnya kembali. Akhirnya polisi itu pun mengalah dan menerima uang yang diduga pungli sebesar Rp 50 ribu. Dia kemudian mengembalikan dokumen berkendara lalu meminta pengendara sepeda motor itu untuk menghidupkan lampu sein (tangan).
“Jangan kau ulangi lagi ya, lampu sein kau hidupkan,” katanya.

Video tersebut menjadi piral didunia maya yang cendrung merusak citra nama instansi kepolisian.
Ahmad Sofwan
Kader Gerakan Pemuda Ansor
Nahdlatul Ulama
Ahmad Sofwan selaku Kader GP ANSOR berkomentar terkait permasalahan yang total menghantam instansi kepolisian tersebut "saya amat miris melihat tingkah dan gaya kepolisian sekarang ini, terkadang saya merasa kurang percaya kalau masih ada aparat kepolisian yang murni bersih saat sekarang, sesuai dengan kata - kata Abdul Rahman Wahid (GUSDUR) "hanya tiga polisi yang jujur di Indonesia ini, yang pertama Patung Polisi, kedua Polisi tidur, yang ketiga Polisi Hoegeng". tandasnya

"selain itu dibeberapa media saya sering melihat kasus yang tidak berjalan dengan baik seperti di POLDA Sumut bukan Rahasia Umum amat banyak kasus yang di Peti Es kan, kasus tangkap lepas, yang terakhir kasus tuntutan nelayan yang akhirnya menjadi pase pencitraan oleh kalangan kepolisian, yang lucunya setelah terbakar barulah mereka melakukan dan bergerak dengan cepat melaksanakan tuntutan Nelayan, dari sini kita melihat bahwa oknum - oknum di kepolisian sudah banyak mafianya dari pada yang benarnya, saya terkadang apatis dan tak yakin kalau sepuluh sampai 20 tahun lagi kinerja kepolisian bisa dibenahi oleh negara mengingat banyaknya bandit berseragam di kepolisian tersebut, subhanallah sekalilah.." ucapnya. (zuddin)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Kareem

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

Feature

video

Cat-5

Cat-6