DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » Patung Amithaba di Vihara Tanjung Balai Asahan Akan Diturunkan

PANTER | Asahan, Walikota Tanjung Balai Asahan M Syahrial mengakui bahwa Pemko Tanjungbalai telah setuju dengan penurunan patung Amitabha di Vihara Tri Ratna, Jalan Asahan, Kota Tanjungbalai. Penurunan patung setinggi enam meter itu dilakukan usai kericuhan pembakaran rumah ibadah yang terjadi di Kota Tanjungbalai. Syahrial mengatakan, jika Tanjungbalai aman, diyakini Presiden RI Joko Widodo akan turun ke Tanjungbalai. 

Terpisah, Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tanjungbalai Marolop Mangunsong mengatakan FKUB bersama pengurus Vihara Tri Ratna dan pemuka agama setempat telah menandatangani kesepakatan terkait Penuruna patung Tersebut.

“Penurunan patung salah satunya memang dipicu kericuhan yang kemarin itu. Tuntutan itu semakin menguat.

Maka, dalam waktu dekat, patung Amitabha akan diturunkan,” jelas Marolop Mangunsong, Sabtu (3/9).

Menurut Marolop, kesepakatan penurunan patung Amitabha sebenarnya sudah dilakukan sejak 2 Agustus 2010. Akan tetapi, kesepakatan itu tak kunjung direalisasikan.

Padahal, keberadaan patung terbesar di Kota Tanjungbalai itu telah berulang kali mendapat sorotan publik. “Sebenarnya kesepakatan itu sudah lama. Tapi tidak ditindaklanjuti.

Dalam waktu dekat, patung ini akan diturunkan.

Pihak vihara juga sudah sepakat dan melunak untuk kepentingan bersama,” ucapnya. Nantinya, kata Marolop, patung Amitabha akan ditempatkan di tempat terhormat sesuai keyakinan umat Buddha.

Sehingga, patung yang diresmikan pada 8 November 2009 itu tidak akan berada di atas gedung vihara lagi. “Mereka konsultasi dulu, bagaimana menurunkannya.

Patung nantinya masih berada di lingkungan vihara, tapi tidak di atas gedung lagi. Penurunan patung itu tidak ada unsur paksaan.

Pemilik vihara juga sepakat agar ke depannya tidak ada lagi persoalan yang bisa menimbulkan perpecahan,” beber Marolop. (5 September 2016, Tanjung Balai - Sumatera Utara /Kareem)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Panter Redaksi

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6