Select Menu

Translate

Utama

Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP




Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» » » » Desain Logo Baru Uang Kita Bakal Berobah Dalam Waktu Dekat, Namun, Jangan Takut Yang Lama Tak Berlaku Ya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Siantar – Dalam waktu dekat ini, loggo mata uang rupiah dengan desain yang baru akan diedarkan secara serentak di Indonesia. Perubahan ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ciri yang sudah ditentukan. Pasal 7 Undang-undang  Mata Uang adalah memuat gambar pahlawan nasional yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden. Penetapan gambar pahlawan nasional tersebut berdasarkan koordinasi BI dengan pemerintah yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Sekretaris Kabinet, Kementerian Hukum dan HAM, termasuk dalam pengurusan persetujuan penggunaan gambar pahlawan nasional oleh ahli waris.

Menurut Deputi BI Kota Pematan gsiantar Elly Tjan, saat ini pihaknya sedang menunggu perintah dan distribusi dari pusat. “Perubahan itu sama dan berlaku se Indonesia, yang jelas peredaran itu belum. Kita masih menunggu dari pusat, tetapi itu sama semua. Misalnya di Jakarta tanggal sekian, maka di Siantar juga tanggal sekian. Sama itu harinya. Jadi kita masih nunggu ini. Tapi biasanya, serentak seluruh se Indonesia,” ucapnya saat dikonfirmasi, Jumat (23/9).
Tanpa menjelaskan jadwal peredarannya, Elly Tjan mengungkapkan, apabila uang Rupiah kertas dan logam tersebut telah dikeluarkan dan diedarkan pada waktunya, uang Rupiah kertas dan logam yang masih beredar saat ini atau yang lama masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender) di wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran. Dipastikan juga perubahan ini tidak akan memberikan pengaruh buruk apapun tentang uang yang lama yang masih dipegang masyarakat. Jadi tidak usah khawatir dengan peredaran uang yang menggunakan loggo yang baru. Tenang saja. Intinya sampai dicabut, kalau belum dicabut jelas masih bisa dipergunakan. Sama seperti dulu loggo uang yang ada gambar monyet, dan uang seratus yang ada kapal. Kalau tidak salah itu tahun 1990 an. Itu sudah dicabut. Sudah dinyatakan tidak berlaku lagi. Perubahan loggo ini tidak akan ada pengaruhnya kepada perubahan ekonomi. Itu sudah ada hitung-hitungannya dari kantor pusat,” terangnya.
Penggunaan loggo desain baru yang berjumlah dua belas gambar pahlawan nasional di semua mata Uang pecahan Rupiah, diharapkan lebih mendorong semangat di tengah masyarakat mengenalkan pahlawan nasional. Kemudian menumbuh kembangkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, kejuangan, sikap keteladanan bagi setiap orang dan mendorong semangat  melahirkan karya terbaik bagi kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara.
Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bank Indonesia akan mengeluarkan tujuh pecahan uang Rupiah kertas dan empat pecahan uang Rupiah logam dengan gambar Pahlawan.
Untuk uang pecahan Rp100.000, akan menggunakan gambar Pahlawan Nasional Dr (H.C.) Ir Soekarno dan Dr (H.C.) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama. Pecahan Rp50.000 dengan gambar Pahlawan Nasional Ir H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas. Pecahan Rp20.000 dengan gambar Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas. Pecahan Rp10.000 dengan gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas.
Kemudian pecahan Rp 5.000, adalah gambar Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas. Pecahan Rp2.000, gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas. Pecahan Rp 1.000  kertas gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutia sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas. Pecahan Rp1.00 logam adalah gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp500.
Kemudian gambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 200 dan gambar Pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 100. (AasoF)


About Kareem

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments