PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Bupati Sergai Pemimpin Delegasi Indonesia pada Konferensi VLEP

Bupati Sergei dalam kegiatan VLEP
PANTER – SERGEI,  Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman didaulat memimpin delegasi Indonesia oleh Deputi 7 Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (PMK RI) untuk membahas permasalahan penanggulangan kemiskinan pada Forum Konferensi 4th Asean+3 Village Leaders Exchange Programme (VLEP) yang diselenggarakan oleh International Poverty Reduction Center in China (IPRCC) yang berlangsung sejak tanggal 18-24 September di Hotel Shanghai, China.

Agenda utama dari konferensi ini adalah membahas perkembangan sekaligus bertukar informasi seputar program yang sudah dikerjakan oleh masing-masing Negara, dalam mengentaskan kemiskinan di daerahnya terutama inovasi pemerintah dalam memajukan perekonomian desa.
Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Soekirman melalui Kabag Humas Setdakab Benny Saragih, di ruang kerjanya di Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (20/9/2016).

Dalam forum tersebut, Soekirman sebagai delegasi dari Indonesia untuk permasalahan di Indonesia Bagian Barat berkesempatan memaparkan strategi dan tantangan yang dihadapi pemerintah dalam mensukseskan program pengentasan kemiskinan. Ini mulai dari program PNMP-Mandiri Pedesaaan yang saat ini dilanjutkan dengan program Alokasi Dana Desa (ADD) dan didukung regulasi melalui Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Tema tersebut dituangkan dalam pembahasan mengenai membangun desa sebagai pusat pembangunan ekonomi daerah untuk pengentasan kemiskinan (Building a Village as a Center of Regional Economy Development for Poverty Reduction),” jelas Benny.

Delegasi dari Indonesia lainnya yakni dari mitra Kemenko PMK, Koordinator program Strategic Alliance for Poverty Alleviation (SAPA) Kemenko Kesra Fakhrulsyah Mega dan delegasi dari wilayah Indonesia Timur adalah Muliadi Prayitno dari Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan. Turut hadir bersama Bupati Sergai, Koordinator Daerah SAPA Sergai Kominta Sari Purba.

Di Kabupaten Sergai sendiri, menurut Benny sebagai salah satu lokasi inti daerah sasaran program SAPA telah melaksanakan berbagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dalam hal ini, Pemkab telah memfokuskan berbagai kebijakan maupun program dalam beberapa kluster. Salah satu kluster tersebut adalah program percepatan penanggulangan kemiskinan yang bersinergi dengan program-program Kemenko Kesra.

Usai memberikan pemaparannya dihadapan 76 peserta konferensi yang berasal dari 13 negara ini, Bupati Sergai bertukar cenderamata dengan perwakilan dari Asian Development Bank dan IPRCC serta Mr. Armyn Bauer sebagai co sponsor dari 4th VLEP. 10 negara yang ikut dalam konferensi ini merupakan negara ASEAN ditambah 3 negara yakni China, Jepang dan Korea.

Selain bertukar informasi mengenai program dan succes story masing-masing negara, para delegasi negara ASEAN termasuk Bupati Soekirman akan tinggal di desa sekitar Shanghai untuk melihat langsung dan belajar pengalaman masyarakat dan lembaga desa di sana. Ini kemudian dijadikan sebagai bahan komparasi dan pembelajaran bagi masyarakat di Sergai. (aasof)

Kareem

Kami Pewarta Pantau Terkini sebagai Operator dan Kepala Wilayah dan"Biographical Info" Kami sebagai user admin panel Web ini bertanggungjawab tidak Melakukan Pemberitaan Hoax.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daearh daerah daetah depok Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jakarta Jawa Barat jawatengah jawatimur Jokowi Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa peristuwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata

Epaper

Total Pageviews