DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » » Seluruh Proyek Pemerintah Balikpapan Terancam Mangkrang

PANTER | Balikpapan, Meninjau Keuangan Negara yang berimbas pada defisit Anggaran Belanja Daerah  di Balikpapan apalagi jika menengok Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2016, yang menjadi pukulan telak bagi pemkot. Perpres itu mengisyaratkan bantuan keuangan dari pemerintah pusat membuat pusing kepala daerah. Itu, berimbas pula ke anggaran Pemprov Kaltim, yang rencananya pemprov juga tak sanggup memberi bantuan keuangan ke Balikpapan dalam APBD Perubahan.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi, mengakui tahun 2016 ini akan menjadi tahun terburuk dalam sejarah. Rizal sempat mengela nafas sekian detik, lalu, mengungkapkan, “Tahun ini memang yang terburuk dalam sejarah.” Kendati demikian, Pemkot tak patah arang. 
Segala macam strategi akan dilakukan untuk mengatasi efek defisit anggaran. dan mulai penghematan dan penundaan proyek .

“Termasuk menunda semua proyek itu mungkin saja terjadi.” 

Laporan terakhir tim anggaran pemerintah daerah menyebut, defisit diprediksi Rp 300 miliar. Jumlah itu masih terus bertambah sampai Rp 500 miliar.

Diberitakan sebelumnya, bantuan untuk proyek Balikpapan Islamic Center dan stadion bakal terancam pemangkasan atau pembatalan.

Selain dua proyek itu, masih ada Jembatan Mahkota II yang diusulkan dapat Rp 10 miliar. Sisanya tak ada sama sekali bantuan provinsi. Bahkan dalam pembahasannya, nominal terus turun. Terakhir hanya Rp 10 miliar untuk stadion. Bahkan direncanakan tak ada bantuan sama sekali.

Sekretaris Kota Sayid MN Fadli membenarkan kondisi itu. Dalam Perpres 66 Tahun 2016, menyebut keuangan dari pusat, berupa dana bagi hasil maupun dana alokasi umum dan dana alokasi khusus mengalami pemangkasan yang luar biasa. “Kalau tidak ada bantuan provinsi berarti defisit kita Rp 700 miliar.” 

Besar kemungkinan kondisi pembangunan di Balikpapan akan mengikuti langkah di Kabupaten Paser, yakni menyetop seluruh proyek.(Read  Sumber www.klikbalikpapan.co )
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Panter Redaksi

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6