DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » Pentingnya Vaksin Meningitis bagi Calon Jemaah Haji

PANTER | Depok, Setiap Jemaah Calon Haji (JCH) wajib memperoleh vaksinasi meningitis sebelum berangkat haji. Mengingat saat melakukan ibadah tersebut, JCH akan bertemu dengan jemaah lain asal negara yang berbeda. Sehingga nantinya tidak tersebar bakteri yang disebabkan bakteri Nisseria Meningitidis.
“Vaksin ini wajib untuk dilakukan oleh seluruh jemaah haji agar nantinya dapat terbebas dari tersebarnya penyakit yang dibawa oleh jemaah lain,” tutur Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Agus Gojali saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/8/2016).
Meningitis merupakan penyakit radang otak yang disebabkan masuknya bakteri Nisseria Meningitidis melalui udara. Selain mencegah seseorang menjadi pembawa (carrier) vaksinasi dimaksudkan menghilangkan bakteri dari tubuh asalkan imunitas dalam keadaan baik.
Dalam hal ini, negara pembawa meningitis yaitu beberapa negara di Afrika, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Selandia Baru. Negara tersebut adalah endemis meningitis meningokokus.
Agus mengingatkan kepada seluruh JCH asal Depok untuk melakukan vaksin meningitis agar tidak tertular saat melakukan ibadah haji. Pasalnya, selama berhaji kemungkinan terjadi kontak atau perpindahan bakteri lewat air liur atau udara dengan carrier meningitis.
“Vaksin ini diwajibkan untuk dilakukan, jika tidak maka calon jemaah tidak akan diperbolehkan melanjutkan ibadah haji,” tutupnya seraya berpesan. (Indri/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Ppwi Kota Depok

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6