DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » Musium Saoraja Mallangga Di Wajo



Wajo.www.pantauterkini.co.id - Sebelum diberi nama saoraja mallangga,dulu namanya Simetteng Pola yang mempunyai arti padi yang melimpah atau membukit,sejak abad ke 15 sampai abad 19,didalam musium ini tersimpan beberapa peninggalan benda  bersejarah dari kerajaan masa lampau seperi peralatan tempo dulu.

Seperti gerabah,guci.piring  dan beberapa benda pusaka lain ,dan ini masih bisa  kita lihat secara umum  jika berkunjung ke musium ini, karena meman sengaja dipajang sebagai bentuk pelestarian budaya dibawah naungan Dinas pariwisata kabupaten wajo.

Salah satu petugas musium A.Bau Cidda Minasa,S.Pt , yang ditemui oleh wartawan pantau terkini.com,menuturkan musium ini saya pelihara sejak mengembang tugas sebagai petugas pemeliharaan musium dan benda bersejarah yang ada didalamnya.

Perlu diketahui saya juga masih keluarga dekat dari keturunan kerajaan simetteng pola,cucu keturunan dari Raja Simetteng pola ke 27,H.Datu Makkaraka,yang karya tulisnya banyak menulis tentang kerajaan yang ada di sulsel ,musium ini sering dikunjungi wisatawan lokal  nasional dan mancanegara ujar,A.Bau Cidda Minasa.(Arief Rahman)Editor:mukhlis
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Berita Terkini

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6