Top Ad 728x90

31 July 2016

,

Walikota Depok Dukung Hunian Bernuansa Islami

PANTER |Depok,  Walikota Depok, Mohammad Idris mendukung adanya perumahan yang bernuansa Islami. Menurutnya, keberadaan kawasan hunian dengan konsep seperti itu tentu bisa menjadi alternatif bagi masyarakat dalam memilih kawasan hunian. Umat muslim pun tentunya akan sangat senang bila semakin banyak pengembang yang dengan kesadaran sendiri membangun rumah dengan konsep seperti itu.

“Apalagi pada kenyataannya, kawasan hunian seperti itu cenderung mengajak kepada hal-hal yang baik kepada penghuninya dengan melakukan berbagai kegiatan yang bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta,” ujar Idris saat menghadiri peletakan batu pertama Masjid Al-Barak, Sawangan Depok, kemarin.

Ia juga menambahkan, pengembang harus menyediakan fasilitas maupun sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan yang bersifat rohaniah. Misalnya dengan menempatkan Musala pada setiap cluster pada perumahan serta fasilitas sekolah yang berlandaskan agama.

“Masjid besar harus tetap ada di muka perumahan, hal ini dimaksudkan agar Masjid dapat dipergunakan untuk khalayak umum, tidak hanya penghuni komplek saja,” paparnya.

Secara sederhana, konsep perumahan berlandaskan syariah Islam merupakan sebuah hunian dengan desain Islami, baik arsitekturnya maupun lingkungan kehidupannya. Di dalamnya terdapat simbol-simbol keislaman sekaligus tata pergaulan dan kehidupan Islami.

Selain konsep, aspek lain perlu diperhatikan dan membedakan sebuah hunian berfondasi syariah Islam dengan perumahan konvensional pada umumnya, yaitu manajemen dan struktur perusahaan yang melibatkan dewan pengawas dan penasihat syariah.

“Juga tidak kalah penting, adanya budaya senantiasa menerjemahkan nilai-nilai Islam dalam tata kelola perusahaan pengembang,” pungkasnya. (Vidyanita/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

0 komentar:

Top Ad 728x90