DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » Dinkes Adakan Pap Smear Gratis, Ini Syaratnya

PANTER | Depok,  Pemeriksaan IVA dan Pap Smear secara gratis yang akan dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jum’at mendatang, dikhususkan bagi pemegang Kartu BPJS. Hal ini diakui oleh Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, Zakiyah, saat ditemui di Kantor Dinkes Kota Depok, Rabu (27/7/2016). 

“Deteksi dini untuk mengetahui kanker serviks tersebut diperuntukkan bagi warga di lingkungan Balaikota Depok serta masyarakat luas yang memiliki kartu BPJS. Rencananya akan kami lakukan di lantai 10 Gedung Dibaleka 2,” ujarnya. 

Syarat lain yang diajukan, yaitu peserta diwajibkan mengikuti sosialisasi yang digelar di lantai 1 Balaikota Depok dihari yang sama, kemudian mengisi formulir yang akan diberikan petugas setelah itu peserta baru bisa mengikuti pemeriksaan IVA dan Pap Smear

“Kalau mau coba tes, datang saja pas hari Jum’at 29 Juli ini, ikuti sosialisasinya baru bisa lakukan pemeriksaan,” tambahnya.

Selain itu, Ia menambahkan syarat lain bagi peserta yang ingin mengikuti tes seperti, sudah pernah melakukan hubungan seksual, tidak sedang datang bulan/haid, tidak sedang hamil, dan selama 48 jam sebelum melakukan tes dilarang melakukan hubungan seksual dan selama 24 jam sebelum pemeriksaan tidak diperkenankan melakukan pencucian atau pembilasan vagina memakai bahan-bahan antiseptik.

“Pemeriksaan Pap Smear dan IVA tersebut diselenggarakan guna membantu masyarakat dalam menghindari terjangkitnya penyakit kanker serviks. Dengan melakukan pemeriksaan ini dapat mengetahui apa yang terjadi pada leher rahim dan rahim,” kata Zakiyah.

Untuk hasil pemeriksaan akan diberikan langsung beberapa hari setelah pemeriksaan. Selanjutnya, pihak Dinkes atau BPJS akan menindaklanjuti hasil yang didapat. (Vidyanita/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Ppwi Kota Depok

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

video

Cat-5

Cat-6