DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» »Unlabelled » 191 Titik Penentu Kemenag Siapkan Pemantauan 1 Syawal 1437 Hijriah

SUARAINDONESIANA | Jakarta, Kementerian Agama merencanakan akan menggelar sidang isbat penentuan awal 1 Syawal 1437 Hijriah atau Idul Fitri pada Senin, 4 Juli 2016 di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, sebanyak 191 titik pantau penentuan awal 1 Syawal 1437 Hijriah di seluruh Indonesia telah disiapkan oleh sejumlah petugas yang telah ditunjuk oleh Kementerian Agama.

"Jadi ini bukan orang sembarangan, orang yang sudah biasa, memiliki kualifikasi kriteria tertentu untuk melakukan pekerjaan yang spesial ini dan mereka disumpah kesaksiannya apakah mereka melihat atau tidak melihat hilal itu. Tentu dengan penuh tanggung jawab," kata Lukman Hakim Saifuddin di Ruang VVIP, Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 Juli 2016.-

Menurutnya, Kementerian Agama akan menentukan 1 Syawal 1437 Hijriah dengan menggunakan dua metode yaitu hisab dan ru'yat.

"Hisab sebagai cara untuk melihat keberadaan posisi hilal, sedangkan ru'yat untuk konfirmasi memastikan perhitungan-perhitungan seperti itu," katanya.

Tentunya, dalam sidang isbat penentuan awal Lebaran Idul Fitri akan digelar secara tertutup, dan setelah ada keputusan maka akan dilakukan konferensi pers kepada publik.(asp)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Kaltim Terkini

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6