» » Pemkot Depok Akan Gandeng TPA Nambo Terkait Penanganan Sampah Proses Gas metan Menjadi Sumber Listrik 2017 Mendatang

Pemkot Depok Akan Gandeng TPA Nambo Terkait Penanganan Sampah Proses Gas metan Menjadi Sumber Listrik 2017 Mendatang

Penulis By on 09 June 2016 | No comments

PanTer | Depok Sebagai tindaklanjut dalam menangani persoalan sampah, pada tahun 2017 Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana akan merealisasikan kerjasama dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nambo.
“Mengingat bahwa di TPA Cipayung ini sudah mencapai status Overload atau kapasitasnya sudah terbatas, pada tahun 2017 nanti, kami akan segera merealisasikan kerjasama dengan TPA Nambo,” ungkap Walikota Depok, Mohammad Idris saat dijumpai pada acara pemanfaatan gas metan, Depok, Jumat, (3/6/2016).
Berkaitan dengan itu, Alumni Gontor ini juga menuturkan bahwa dalam kerjasama tersebut akan ada tiping pay, yakni konstribusi biaya yang harus dibayarkan terkait pemindahan sampah ke TPA Nambo.
“Soal pemindahan sampah nanti, ada yang namanya tiping pay. Dengan rincian biayanya adalah Rp128.000/ton, sementara itu, rencananya sampah yang akan dipindahkan dari TPA Cipayung ke TPA Nambo ada sekitar 500 ton/hari,” tuturnya.
Upaya tersebut selain mengatasi kelebihan kapasitas di TPA Cipayung, diharapkan akan mewujudkan tujuan dari Walikota Depok untuk menyediakan Ruang Terbuka Hijau di Kota Depok.
“Ya harapannya tidak hanya mengenai penanganan dari kelebihan kapasitas yang terjadi di TPA  Cipayung ini, melainkan juga akan sekaligus mendorong terwujudnya penyediaan Ruang Terbuka Hijau untuk publik, seperti taman, kebun, alun-alun dan sebagainya,” tandas Idris. (Ricky/Indri – Diskominfo)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya