DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » Gerakan Pramuka Goes To Modern

PANTER | Depok Guna menjaga eksistensi Gerakan Pramuka di tengah masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat, Dede Yusuf, munculkan gagasan urban scouting. Dalam konsep ini, Gerakan Pramuka berupaya untuk tidak menjadi sebuah gerakan yang jaman dulu (jadul).
“Pramuka tidak boleh dianggap sebagai barang Jadul. Pramuka harus menjadi sebuah gerakan modern yang dapat membawa manfaat bagi lingkungan, pemerintah, maupun para anak muda,” ujar Dede, belum lama ini, di Balaikota Depok.
Menurutnya, urban scouting merupakan sebuah solusi untuk mencegah hilangnya daya tarik pelajar dan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Pramuka. Konsep urban scouting yang dimaksudnya adalah konsep kepramukaan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan masyarakat perkotaan.
“Bermain mencari jejak bukan lagi di hutan tapi di tengah kota, di dalam mall atau plaza atau di lingkungan Pemkot Depok juga bisa. Bermain dengan aplikasi gadget dan internet, film indie, citizen journalism dan media sosial,” tambahnya.
Dede juga mengatakan, untuk wilayah yang sudah menerapkan gagasannya ini antara lain Kota Bandung, Kota Bogor, dan Kota Bekasi. Sedangkan Kota Depok dibawah kepemimipinan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) yang baru yaitu Nina Suzana, akan diarahkan ke gerakan modern Pramuka tersebut.
Senada dengan itu, Walikota Depok, Mohammad Idris, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kota Depok mengungkapkan meskipun Pramuka sudah mengarah ke gerakan pemuda yang modern bukan berarti Pramuka menghilangkan kegiatan alam bebas yang selama ini menjadi trade mark organisasi pendidikan karakter tersebut. Melainkan, Pramuka mempunyai varian-varian kegiatan yang lebih berwarna dan relevan dengan perkembangan zaman.
“Untuk menarik minat siswa untuk ikut Pramuka memang harus dibuat kegiatan yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kota Depok dirasa cocok dengan konsep seperti itu meskipun tetap harus menjaga keaslian kegiatan yang sudah ada sebelumnya,” tandasnya. (Nurul Hasanah/ Ed: Siti Rahma, Yulia S – Diskominfo)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Panter Redaksi

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

video

Cat-5

Cat-6